Perkembangan Teknologi Artifisial atau Cyberpase

Perkembangan teknologi informasi telah menciptakan sebuah ruang baru yang bersifat artifisial dan maya, jasa social media marketing menjelaskan perkembagan tersebut adalah cyberspace.  Cyberspace telah mengalihkan berbagai aktivitas manusia (politik, sosial,ekonomi, kultural, spiritual, seksual) di dunia nyata ke dalam berbagai bentuk substitusi artifisialnya, sehingga apapun yang dapat dilakukan di dunia nyata kini dapat dilakukan dalam bentuk artifisialnya di dalam cyberspace. Sebuah migrasi besar-besaran kehidupan manusia tampaknya tengah berlangsung, yaitu migrasi dari jagad nyata ke jagad maya, dari kehidupan di„ruang nyata menuju kehidupan di ruangmaya.

Migrasi humanitas ini telah menimbulkan perubahan besar tentang bagaimana setiap orang menjalani dan memaknai kehidupan.  Berbagai cara hidup dan bentuk kehidupan yang sebelumnya dilakukan berdasarkan relasi-relasi alamiah (natural) , kini dilakukan dengan cara yang baru, yaitu cara artifisial.

 

Cyberspace menciptakan sebuah kehidupan yang dibangun sebagian besar  mungkin nanti seluruhnya oleh model kehidupan yang dimediasi secara mendasar oleh teknologi,sehingga berbagai fungsi alam kini diambil alih oleh substitusi teknologisnya,yang disebut kehidupan artifisial (artificiallife). Perkembangan cyberpase juga dimanfaatkan oleh jasa social media marketing.

Tidak saja berbagai aktivitas manusia kini dilakukan dengan cara yang baru, lebih dari itu, kini tengah berlangsung semacam transformasi terminologis danepis temologis tentang apa yang disebutsebagai “masyarakat”, “komunitas”,”komunikasi”, “ekonomi”, “politik”,”budaya”, “spiritual” dan “sek – sual”.

Leave a comment